Mengapa Menjadi Seorang Public Relations?

Public Relations adalah salah satu fungsi manajemen yang bertugas menjadi jembatan antara perusahaan atau organisasi dengan publik. Public Relations memiliki tugas untuk membantu sebuah perusahaan, organisasi, badan atau institusi agar publik mau bekerja sama dengan baik. Fungsi utama Public Relations adalah untuk membangun citra positif perusahaan, dan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan opini dan kritik dari konsumen. Selain itu, Public Relations juga berfungsi untuk memelihara, mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul, atau meminimalkan munculnya masalah.

Tujuan utama dari Public Relations adalah untuk mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana presepsi, sikap, dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan sebuah perusahaan (Davis, 2003). Tugas Public Relations adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two ways traffic communications) antara lembaga dengan publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya tujuan tertentu, kebijakan, dan kegiatan produksi demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Tugas Public Relations sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Nah, kebanyakan, seorang yang bekerja di bidang PR adalah mereka yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Lalu, kenapa sih menjadi seorang PR itu adalah pekerjaan yang menyenangkan? Berikut ini adalaha lima ulasannya, check it out!

1.       Kamu bisa mengenal banyak jaringan baru. Pastinya, kalau kamu bertugas untuk menjalankan visi perusahaan untuk semakin maju dan berkembang, kamu tentu akan bertemu banyak orang baru. Di dalam perusahaan, kamu akan melaksanakan tugas untuk menaikkan citra perusahaan melalui berbagai kegiatan dan program. Nah, untuk menyelesaikan program atau kegiatan ini, tentu membutuhkan banyak orang untuk terlibat. Dan, kamu akan berjejaring dengan orang baru di sekitar kamu. Bahkan, kamu akan banyak menemui publik figur di banyak acara yang perusahaan kamu adakan. Menarik, bukan?

2.       Dituntut untuk selalu berpenampilan menarik dan kece. Karena seorang PR adalah representasi perusahaan, maka kamu akan dituntut untuk selalu berpenampilan maksimal dan tidak mengecewakan. Bayangkan saja, jika kamu berpenampilan buruk, citra perusahaan sedikit banyak akan tercoreng. Namun, hal ini akan menguntungkan kamu, dimana kamu akan dikenal sebagai seseorang yang rapi dan menarik.

3.       Tidak merasakan bosan di kantor. Konon, kalau kamu menjadi seorang PR, kamu akan banyak menemui orang lain di luar kantor. Hal ini menjadi keuntungan karena biasanya orang yang bekerja di kantor 5 hari dalam seminggu pasti akan merasa bosan dan penat. Kebanyakan, seorang PR akan banyak berurusan dengan sebuah acara yang selalu diadakan di lokasi yang beragam. Kamu jadi bisa tahu tempat baru dan gak terkungkung di kantor selama seminggu suntuk.

4.        Mengenal isu terkini dan selalu up-to-date. Tugas seorang PR salah satunya adalah tidak ketinggalan jaman dan selalu memperbaharui diri dengan informasi terkini. Seorang PR dituntut untuk selalu menangkap informasi dengan baik untuk mendukung pekerjaan atau kinerja di perusahaan. Karena terkait dengan komunikasi, maka seorang PR tidak boleh ketinggalan informasi. Hal ini akan menjadi nilai tambah karena kamu akan selalu dianggap sebagai seseorang yang cerdas dan up-to-date!

5.       Pandai bermain kata alias jago komunikasi. Biasanya nih, seorang yang sudah ahli sebagai seorang PR akan dianggap berbakat dalam berbicara. Bukan karena cara berbicaranya, tapi karena pemilihan kata yang digunakan untuk membujuk orang lain. Ya, komunikasi bukan hanya sekadar menyampaikan pesan tapi bagaimana pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Tidak banyak orang yang mampu bernegosiasi dengan baik, tetapi seorang PR dituntut untuk dapat melakukan negosiasi dengan cerdas!

Dari 5 poin diatas bisa kita lihat bahwa menjadi seorang public relations tidaklah semenakut-kan yang dipikirkan selama ini. Menjadi seorang public relations akan terasa menyenangkan jika kamu sudah menyiapkan diri dengan baik.

Komentar

Follow me on social media :

Facebook  Twitter  Instagram LinkedIn